Workshop ITPPA Tingkat Provinsi Jambi

Kegiatan Implementasi Instrumen Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (TPPA) usia 5-6 tahun ini merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD-DIKMAS Provinsi Jambin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral PAUD dan DIKMAS melalui Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.

                Penilaian  Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak usia 5 – 6 tahun ini dilakukan dengan  menggunakan  Instrument Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (ITPPA) yang telah disusun oleh Tim Pengembang Instrumen TPPA Direktorat PAUD. Selanjutnya Instrument tersebut diimplementasikan oleh seluruh Pusat Pengembangan dan Balai Pengembanggan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP/BP PAUD dan DIKMAS) diseluruh Indonesia. dengan merevisi anggaran dari Anggaran Pengembangan Model Pendidikan.

           Tujuan Model Pendampingan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (TPPA)  usia 5 – 6 tahun adalah  Agar guru- guru mampu menggunakan ITPPA dengan benar baik on-line maupun off-line dengan menggambarkan aspek  yaitu:

  1. perkembangan Nilai Agama dan Moral perkembangan Fisik Motorik
  2. perkembangan Kognitif
  3. perkembangan bahasa
  4. perkembangan Sosial Emosional
  5. perkembangan seni

 

Memperoleh gambaran profil perkembangan anak di tempat implementasi ITPPA, Memperoleh data pemantauan mutu untuk kemajuan perkembangan yang dicapai anak seteleh mengikuti layanan PAUD di  tempat Implementasi ITPPA. Peserta  Pendampingan Implementasi Instrumen (TPPA) Berjumlah 24 orang terdiri dari kepala TK  8 orang dan Guru TK 16 orang Nara Sumber kegiatan ini terdiri dari:

  1. Direktorat PAUD 2 orang
  2. Akademisi 1 orang
  3. Tim Pengembang Model Pendampingan ITPPA BP-PAUD dan Dikmas Jambi 5 orang

       Pendampingan ITPPA ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2019 bertempat di Aula BP-PAUD dan DIKMAS Jambi Pembiayaan Kegiatan ini dibebankan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Unit Organisasi Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Unit Kerja Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan  Masyarakat Jambi:

Dengan komponen pembiayaan

  1. Uang Transportasi dan uang saku peserta
  2. Jasa Profesi
  3. Uang Konsumsi
  4. Uang ATK dan Bahan Habis pakai
  5. Uang Penggandaan Uang Dokumentasi

Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah

  1. Terlaksananya Input nilai peserta didik untuk 8 Taman Kanak-Kanak secara on-line untuk triwulan IV tahun Pembelajaran 2018/2019
  2. Adanya Laporan Hasil Penilaian ITTPA dalam bentuk dokumen yang sudah di jilid dari 8 Taman Kanak-Kanak yaitu:
  3. Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Muara Bulian
  4. Taman Kanak-Kanak Negeri Dharma Wanita Muara Bulian
  5. Taman Kanak-Kanak Negeri Dharma Wanita Sridadi
  6. Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari
  7. Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Muara Tembesi
  8. Taman Kanak-Kanak Wathoniah Islamiah Muara Tembesi
  9. Taman Kanak-Kanak Kembang Tanjung Muara Tembesi
  10. Taman Kanak-Kanak Taman Syurga Muara Tembesi

Comments

comments