Orientasi Teknik Percepatan Pembentukan SWBB

Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh Pramuka untuk menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda. Sebagai gerakan, langkah-langkah pembinaan kaum muda bergerak maju menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan kaum muda, serta kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka, serta ketentuan-ketentuan pengembangan program peserta didik yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional.

Selain sebagai gerakan, Kepramukaan memiliki dimensi lain sebagai sebuah sistem pendidikan dan juga sebagai metode pembelajaran. Sebagai sebuah sistem pendidikan, Kepramukaan tertata dengan baik, memiliki jenjang pendidikan, peserta didik, dan tenaga kependidikan, serta kurikulum pendidikan. Sebagai metode pembelajaran, Kepramukaan memiliki sintaks (urutan prosedur) yang khas dalam menjalankan proses pendidikan bagi peserta didiknya.

Gerakan Pramuka memiliki tiga tujuan yakni penguatan karakter, kecintaan terhadap bangsa dan negara, serta membekali kecakapan hidup kepada kaum muda. Hal ini tentu sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu Pendidikan Kepramukaan berperan penting dalam menyokong pendidikan nasional.

Satuan Karya Widya Budaya Bakti merupakan wahana Implementasi penguatan pendidikan  karakter bagi generasi muda Indonesia yang spesifik, aplikatif dan nyata, oleh karena itu kelak akan diperoleh generasi muda yang  mampu menjawab tantangan bangsa dan negara Indonesia. Tentunya Implementasi tersebut memerlukan upaya yang maksimal disetiap pangkalan SWBB dari bidang yang terkait.

Gerakan Pramuka bertujuan mempersembahkan kepada bangsa dan negara Indonesia kader bangsa sebagai kader pembangunan yang bermoral Pancasila.  Untuk itu proses pendidikan progresif sepanjang hayat bagi anggota muda Gerakan Pramuka dalam abad ke 21 guna mencapai tujuan tersebut, difokuskan pada ketahanan mental, moral, fisik, emosional, intelektual, iptek dan sosial peserta didik baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Ketangguhan iptek/Teknologi dalam Gerakan Pramuka dibina dan dikembangkan dalam satuan khusus yaitu Satuan karya Pramuka (SAKA).

Satuan Karya merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai Krida Krida. Saka, memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

Berkenaan hal tersebut, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Jambi bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, memandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Orientasi Teknis Percepatan Pembentukan Satuan karya Pramuka Widya Budaya Bakti (SWBB) dalam rangka membentuk Pangkalan SAKA Widya Budaya Bakti di Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi .

Percepatan Pembentukan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti (SWBB) Tingkat Provinsi Jambi merupakan tema pada  kegiatan orientasi teknik ini. Pelaksanaan Kegiatan Orientasi Teknis Percepatan Pembentukan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti (SWBB) Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019 bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi c.q Pusdiklatda Swarnabumi Kwarda Jambi.

Kegiatan orientasi teknik percepatan Pembentukan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti (SWBB) Tingkat Provinsi Jambi diisi oleh

  1. Ditjen PAUD dan DIKMAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Balai Pengembangan PAUD dan DIKMAS Jambi
  3. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
  4. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi
  5. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi
  6. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi

 

Comments

comments